Gunung Padang

Gunung Padang

Gunung Padang adalah sebuah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Gunung yang terbentuk dari bebatuan yang membentuk piramida ini menurut penelitian telah ada atau dibuat oleh manusia sejak 4700 hingga 10.000 SM. Selain usianya yang lebih tua dari usia piramida yang paling terkenal di Mesir, kompleks utamanya memiliki luas sekitar 900 m² dan terletak pada ketinggian 885 m dpl. Situs yang memiliki Luas areal sekitar 3 ha ini terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Terkait dengan mitos yang beredar di masyarakat sekitar Gunung Padang meyakini bahwa situs tersebut selain dahulu merupakan tempat bertapanya Eyang Prabu Siliwangi, saat ini situs tersebut banyak dihuni oleh makhluk gaib. Apabila malam tiba maka akan terdengan suara alunan nada mirip gamelan di lokasi situs tersebut dan hal tersebut telah beredar luas terutama di masyarakat Kabupaten Cianjur.

Menurut penelitian lebih lanjut, menunjukkan kemungkinan adanya keterkaitan beberapa batu megalit yang dapat menghasilkan dentuman nada musik. Situs peninggalan periode megalitikum/Zaman Batu ini diperkirakan dahulunya merupakan sebuah tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim di sana.

0 Response to "Gunung Padang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel