Gunung Gede

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede adalah sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung yang berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango ini berada di wilayah 3 kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur, Bogor dan Sukabumi. Taman Nasional Gede Pangrango merupakan salah satu dari 5 taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung Gede memiliki ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl tepat terletak pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS.

Cibodas dan Cipanas, Kabupaten Cianjur menjadi gerbang utama untuk menuju Gunung yang puncaknya bersuhu 18°C dan pada malam harinya sekitar 5°C. Gunung yang memiliki curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun ini diselimuti oleh hutan pegunungan yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin dan termasuk hutan yang kaya akan jenis flora yang juga menyimpan sekitar 251 jenis burung.

Kawasan Gunung Gede dan sekitarnya banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama pada akhir pekan. Selain selain suasananya yang menyejukan, wilayah sekitar Gunung Gede juga memiliki panorama alam yang mampu membuat kesumpekan orang-orang kota yang harinya dipenuhi oleh aktivitas menjadi segar kembali. Oleh sebab itu, kawasan sekitar Gunung Gede juga merupakan sebuah solusi bagi warga kota Jakarta yang hanya memiliki sedikit waktu untuk berekreasi, oleh karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Ibukota.

Objek wisata sekitar Gunung Gede:
  • Air Panas, terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Air terjun Cibeureum yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter.
  • Alun-alun Suryakencana.
  • Taman Cibodas, suatu area yang banyak dijadikan sebagai tempat berkemah.
  • Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa.
  • Puncak dan Kawah Gunung Gede yang memiliki ketinggian 2.958 m.
  • Telaga Biru, sebuah danau kecil berukuran lima hektare (1.575 meter dpl.).

0 Response to "Gunung Gede"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel