Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia yang tercatat sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncak dari gunung yang juga sering disebut dengan nama Gunung Meru ini adalah Puncaknya Mahameru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Gunung yamng kawahnya dikenal dengan nama Jonggring Saloko ini merupakan gunung berapi tertinggi ke-3 di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Terdapat Wedhus Gembel atau gas beracun yang dikeluarkan kawah Jonggring Saloko, sehingga para pendaki sangat dilarang untuk mendekati area tersebut.

Suhu di puncak Mahameru berkisar antara 4 hingga 10 derajat Celsius, sedangkan pada puncak musim kemarau suhu di puncak Mahameru dapat mencapai minus 0 derajat Celsius sehingga dapat dijumpai kristal-kristal es pada Puncak Mahameru.

0 Response to "Gunung Semeru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel