Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau adalah nama yang diberikan pada satu puncak gunung berapi di kawasan kepulauan vulkanik aktif yang berada di Selat Sunda diantara pulau Jawa dan Sumatra. Puncak gunung yang sirna karena letusannya pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusannya tersebut sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Letusan Gunung krakatau pada tahun 1883 tersebut tergolang sangat dahsyat dan diperkirakan kekuatannya tersebut mencapai sekitar 30.000 kali bom atom yang pernah diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki pada akhir Perang Dunia II. Letusannya tersebut hingga menciptakan awan panas serta tsunami dan mengakibatkan korban tewas sekitar 36.000 jiwa.

Suara letusan tersebut terdengar hingga ke Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika atau sekitar 4.653 kilometer. Kala itu selama 2 setengah hari atmosfer tertutupi oleh debu vulkanis gunung krakatau sehingga Dunia menjadi gelap. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York dan mengakibatkan Matahari seperti redup hingga satu tahun.

Nama gunung:Krakatau
Letak:Selat Sunda, Indonesia
Jenis gunung:Kaldera vulkanik
Letusan terakhir:4 Agustus 2009

0 Response to "Gunung Krakatau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel