Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung berapi teraktif di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Terletak diantara Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Tengah seperti Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten ini kawasan hutan di sekitar puncaknya, sejak tahun 2004 dijadikan sebagai kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Gunung Merapi merupakan gunung termuda dalam rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan dari Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. Gunung yang puncaknya tidak ditumbuhi vegetasi karena aktivitas vulkanik yang tinggi ini terbentuk oleh aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa.

Gunung Merapi tergolong sangat berbahaya karena dapat mengalami erupsi setiap 2 hingga 5 tahun sekali. Tercatat sejak tahun 1548, gunung yang menjadi salah satu dari 16 gunung api dunia yang termasuk dalam Decade Volcanoes ini sudah meletus sebanyak 68 kali.

0 Response to "Gunung Merapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel